Jl. I Gusti Ngurahrai, Gn. Anyar, Kota SBY, Jawa Timur 60294
021-22564187 0878-8094-8464 indodesigncenter@gmail.com

Belajar AutoCAD 3D

Belajar AutoCAD 3D

Belajar AutoCAD 3D

Belajar AutoCAD 3D

Belajar AutoCAD 3D – Indo Design Center merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelatihan Kursus dan Desain yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Dan untuk Anda yang ingin mencari tempat kursus kami siap melayani Anda semampu kami, dan kami akan berikan yang terbaik untuk Anda. Dalam Indo Design Center terdapat dua sistem kursus yaitu kursus reguler dan kursus privat.

Kursus reguler merupakan kursus dimana peserta mendatangi kantor kami dan kami akan melayaninya dengan baik. Sedangkan kursus privat yaitu kursus yang membantu Anda ketika tidak sempat untuk datang ke kantor kami. Jadi pihak kami yang akan menghampiri Anda. Mudah bukan? kami akan menyajikan rangkuman dasar untuk Anda yang penasaran tentang AutoCAD 3D. Baca Yuk!!!

Langsung saja ini lah materi dasarnya. Simak yaaa!!

MENGGAMBAR OBYEK 3D DENGAN AUTOCAD

1. KONSEP DASAR

Obyek tiga dimensi (3D) adalah obyek yang digambar dengan penerapan tiga sumbu yaitu X,Y,Z. Gambar 2D hanya memanfaatkan dua sumbu yaitu sumbu X dan Y. Sesungguhnya sumbu X dan Y ini membentuk sebuah bidang yang disebut dengan xy plane. Sumbu Z adalah sumbu tegak lurus terhadap xy plane.

2. UCS (USER CORDINAT SYSTEM)

UCS membantu memudahkan kita dalam proses pembuatan objek 3 dimensi, jika kita tidak menyesuaikan antara UCS dengan view yang kita pakai maka kita akan merasa kesulitan karena ini merupakan suatu keharusan dalam pemodelan 3 dimensi.

3. MERUBAH TITIK PANDANG

Dalam menggambar 2D selama ini yang tampil adalah cara pandang atas( top view). Sebetulnya ada cara pandang lain selain tampak atas yaitu tampak belakang, depan, samping kanan dan kiri, serta tampak bawah. Untuk mengubah pandangan anda harus mengaktifkan toolbar 3D navigation.

Cara pandang dengan view memiliki keterbatasan, karena sudut pandangnya dibatasi oleh ketentuan standar gambar teknik. Hal ini kadang menimbulkan masalah dimana sebuah obyek yang sangat tersembunyi tidak dapat diperlihatkan.

Agar sudut pandang dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna, maka selain view dapat pula dipakai 3D orbit yang dapat memutar obyek 3D tanpa berpengaruh terhadap UCSnya.

4. MEMBUAT OBYEK 3D SOLID

Dalam membuat bangun 3D padat, ada beberapa cara :

  • Dengan pemodelan padat bentuk dasar (primitive)
  • Dengan ekstrusi (ekstrude)
  • Dengan penggabungan maupun pengurangan (boolean)
a.  Primitive

Primitive adalah fasilitas perintah dari AutoCAD yang juga menyediakan bentuk-bentuk pemodelan dasar seperti membuat bola, kerucut silinder dan lain sebagainya

b. Ekstrusi

Extrude digunakan untuk merubah obyek 2D menjadi 3D dengan pola meninggikan obyek kearah sumbu Z. Obyek yang dapat diextrude haruslah memenuhi syarat :

  • Harus merupakan kurfa/garis tertutup (region, polyline)
  • Obyek merupakan satu kesatuan atau satu segment (rectangle, circle, elips, dll)

Agar beberapa obyek 2D menjadi satu dapat dilakukan penggabungan dengan menggunakan perintah PEDIT (Polyline Edit) seperti contoh berikut :

  • Extrude dengan High of Extrusion (meninggikan objek sesuai arah yang diinginkan)
  • Extrude dengan path object (mengikuti alur garis yang dibuat kesatuan)
c. Boolean

Yang dimaksud dengan boolean dalam hal ini adalah merubah obyek solid dasar menjadi obyek yang diinginkan dengan pemotongan, penggabungan atau penambahan komponen lain. Sebab pada gambar-gambar dengan tingkat kerumitan tertentu tidak dapat dilakukan dengan sekali penggunaan perintah.

MEMBUAT OBYEK 3D FACE DAN REGION

Pengertian obyek face dan region adalah obyek 3D yang berupa penutupan permukaan obyek saja. Jika kita gambar sebuah silinder face berarti bagian dalam silinder tersebut berlubang seperti kaleng. Obyek ini umumnya tidak dapat dimodifikasi. Penutup permukaan ini disebut mesh. Adapun kerapatan mesh ini umumnya dapat diatur dengan merubah jumlah surftab 1 dan surftab 2. Jumlah surftab semakin banyak berarti semakin rapat meshnya dan semakin halus bentuk obyeknya.

Perintah-perintah yang termasuk dalam kelompok face dan region adalah sebagai-berikut :

a. Rulesurf

Perintah ini digunakan untuk menutup permukaan dengan cara menghubungkan dua buah obyek dengan pola garis lurus

b. Tabsurf

Hampir sama dengan rulesurf tetapi obyek penutup permukaan terbentuk dari sebuah obyek acuan / path dan obyek pengarah/vector.

c. Revsurf

Digunakan untuk membuat obyek 3D face dengan pola memutar obyek acuan/path terhadap titik putar yang disebut dengan revolution axis.

d. Revolve

Prinsip revolve sama persis dengan revsurf. Perbedaannya adalah bahwa objek yang diputar adalah objek kurva tertutup satu segmen. Hasil dari revolve ini adalah benda putar yang solid/padat.

e. Edgesurf

Digunakan untuk membentuk penutup permukaan dengan pola membentuk garis hubung yang menghubungkan sudut-sudut dari sebuah obyek kurva tertutup.

Itulah sebagian dari materi tentang belajar AutoCAD 3D. Kami sudah merangkum materi tersebut secara detail dan terperinci yang bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami materi, sehingga mereka yang berminat sudah ada gambaran tentang materinya.

Jika ingin mengetahui Indo Design Center Sampai Detail Segera KLIK DISINI

Tag : Tempat Kursus Komputer,Kursus AutoCAD,Kursus Desain Interior,Kursus etabs,Kursus 3ds max,Kursus Arsitek,Kursus Autocad,Kursus Arsitek, Kursus Internet Marketing,Kursus Perhitungan RAB,Kursus SAP 2000,Kursus Singkat Desain Interior Di surabaya,Kursus Sketchup,Kursus Tekla,Kursus Teknik Sipil,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *